Senin, 04 April 2011

MENYULAP MOTOR LISTRIK MENJADI GENERATOR PEMBANGKIT


motor listrik


Teman-teman dan rekan elektronika club. Saya punya info penting ni dan luar biasa untuk teman-teman sekalian. Nah,  topik kita kali ini adalah bagaimana mengolah limbah tembaga seperti mainan bermotor listrik,kipas angin atau alat elektronik yang memilki motor pembangkit. Nah yang kita fokuskan ini yaitu pada motor listriknya. Kalian tahu gak apa itu motor listrik ?, kalau kampung kita nyebutnya dinamo. Hhahaha, kalau dinamo (generator DC) dengan  motor listrik justru berbeda pastinya. Dinamo gunanya untuk mengubah energi mekanik seperti gerakan angin atau air menjadi energi listrik. Tetapi motor listrik gunanya untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Aduh,,pada bingung ya. Memang sok tahu gua ni. Jadi kali ini kita berfikir bagaimana mengubah fungsi motor listrik menjadi fungsi dinamo. Eleh-eleh kayak matematika aja bahas-bahas fungsi. Sebenarnya ada sih hubungannya yaitu fungsi kebalikan. Alaaaah,udah ah bikin bingung aja. Timbul pertanyaan kita,bagaimana mengubah motor listrik menjadi fungsi dinamo ?. Nah, selagi belum bosan, ayo lanjutin lagi bacanya sehingga teman-teman bisa nambah wawasannya dan bisa membuatnya sendiri.
Gini  Brow, cerita-cerita soal motor listrik. Motor listrik bekerja berdasarkan Hukum medan magnet. Ketika sepotong kawat dialiri arus listrik (harus arus DC ya) dan kawat tersebut berada dalam sebuah medan magnet, sebuah gaya akan bekerja dan menggerakkan kawat (gak jauh-jauh deh seperti magnet yang kita lihat). Tapi bagimana fungsi dinamo?,sama sih sebenarnya,tapi gaya yang dihasilkan berupa gerak rotasi.cara kerjanya sangat simpel,perhatikan dulu deh gambar di bawah ini



Berdasarkan Aturan tangan kanan Fleming,waduh siapa tu ya. Ternyata Tuhan ngasih tangan gak sia-sia. Perhatikan gambar nya brow !.
Ketika arus masuk menuju kawat (kita katakan arus masuk ke dalam magnet), arah gaya pasti searah jarum jam dan medan magnet ke arah atas.  Cobalah tangan kanan teman-teman, jari te ngah menuju arah arus, jempol kita pasti menunjukkan arah putaran (arah gaya) dan jari telunjuk menunjukkan arah medan magnet
Yang tadi itu adalah sistem cara kerja motor listrik. Nah, coba pikrkan !bagaimana jika arah putaran (gaya) ter sebut dibalik menjadi berlawanan arah jarum jam. Ayooo.ayoooo apa yang terjadi ......................? nah yang trerjadi adalah arah arus yang tadinya masuk ke dalam magnet akhirnya keluar dari magnet tersebut. Dapat kita ketahuai  bahwa pengaruh dari pembalikan tersebut motor listrik bukan bergerak memutar saja. Tetapi malah menghasilkan arus tergantung seberapa cepat perputarannya. Akhirnya,limbah motor listrik tersebut bisa dijadikan generator pembangkit listrik. Wah-wah, yang tadi nya sampah bisa jadi penghasil energi. Keren kan brow, kalian bisa membuatnya sendiri hanya membalikan putaran motor listrik dengan bantuan angin,air atau sebagainya untuk memutar motor listrik tersebut. Untuk membuatnya dan untuk apa listrik tersebut,terserah teman-teman.teman-teman kan udah gede..ckckckc.
Hydraulic turbine and electrical generator.
Sederhana bukan ?. makanya jangan jago buang barang doang. Klau bisa digunakan sebaik nya dong barang sampah tersebut..Ok brow. Selamat mencoba teman-teman...!

Tidak ada komentar: