Kamis, 17 Maret 2011

KAPASITOR


Sebuah kapasitor terdiri dari dua buah pelat logam dengan sebuah lapisan isoator (penyekat) di antara kedua pelat tersebut.
Lapisan isolator yang digunakan dapat berupa sebuah lempengan plastik tipis , namun dalam beberapa jenis kapasitor lapisan ini adalah udara.
Apabila sebuah kapasitor disambungkan ke sebuah sumber arus DC, elekron-elektron akan berkumpul pada pelat yang tersambung ke terminal negatif sumber. Elektron-elektron ini akan menolak elektron –elektron yang ada pada di seberangnya. Elektron-elektron yang tertolak akan mengalir menuju terminal positif sumber.

Sebuah kapasitor yang disambungkan seperti ini ke sebuah sumber daya dengan seketika akan menjadi bermuatan. Tegangan antara kedua pelatnya adalah sama dengan tegangan sumber daya.
Ketika kapasitor tersebut dilepaskan dari sumber daya, kapasitor tetap mempertahankan muatannya. Karena lapisn isolator yang ada pada kapsitor, arus tidak dapat mengalir melewati kapasitor. Kapasitor dapat akan tetap bermuatan hingga waktu yang tak terbtas. Dengan alasan ini, kapasitor akan berguna untuk menyimpan muatan listrik.

Tidak ada komentar: